Cara Melakukan Sholat Tahajjud

Cara Melakukan Sholat Tahajjud – Assalamualaikum wr.wb….Saudaraku yang di rahmati allah swt. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai  Sholat tahajud, langsung saja  cara melakukanyapun mudah sekali seperti bagaimana kita melakukan sholat sunnah yang lainnya yakni di awali dengan takbir dan di ahiri dengan salam, nah disini saya tidak akan ngomong lebih banyak lagi dan saya akan langsung mengulas sedikit tentang  tata cara, fadhilah dan manfaat sholat tahajud.

Cara Melakukan Sholat Tahajjud

Cara Melakukan Sholat Tahajjud

Sholat tahajud hukumnya sunnah menurut kesepakatan ulama’ akan tetapi pada permulaan islam sholat tahajud justru di wajibkan dan sholat tahajud itu di lakukan di malam hari yang di dahului oleh tidur sebagaimana firman allah :

ومن الليلفتهجدبهنافلةلك dan banyak hadis yang menerangkan tentang keutamaan sholat tahajud seperti hadits : أفضل الصلاةبعدالمكتوبةصلاةالليل

artinya :sholat yang paling utama setelah sholat yang wajib adalah sholat malam.

Tahajud menurut bahasa bangun dari tidur, dan sholat tahajud merupakan kebiasaan orang – orang sholih sebelum kalian.

Makruh hukumnya meninggalkan sholat tahajud bagi orang yang sudah membiasakan sholat tahajud tanpa ada halangan di karenakan besarnya fadhilah sholat tahajud bahkan apabila ada yang meninggalkan tanpa adanya halangan atau udzur syar’i maka di sunnahkan untuk mengqodlo’ sholat tahajud yang sudah di tinggalkan tadi.

Adapun dalam hal rokaat tidak terbatas tetapi menurut sebagian ulama’ membatasi jumlah rokaat dalam sholat tahajud yaitu dua belas rokaat, ketika setelah salam di anjurkan untuk memperbanyak doa dan istighfar.

Fadhilah – fadhilahnya/keutamaan sholat tahajud

  • Melebur dosa – dosa kecil
  • Mencegah berbuat ma’siat
  • Terhindar dari berbagai penyakit
  • Terkabulnya segala macam doa
  • Waktu yang mustajab
  • Bisa lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta
  • Menjadikan wajah bersinar

Dalam pelaksanaan sholat tahajud ulama’ berbeda pendapat tentang syarat bisa disebut sholat tahajud, apakah harus tidur  dulu atau tidak?

1.Harus tidur terlebih dahulu

ini menurut pendapat imam arrofi’ie beliau menegaskan tahajud istilah untuk sholat yang di kerjakan setelah tidur sedangkan sholat yang di kerjakan sebelum tidur tidak dinamakan tahajud.

2.Tahajud tidak harus tidur dulu

Sholat tahajud adalah semua sholat sunnah yang si kerjakan setelah isya’ baik sebelum tidur maupun sesudah tidur karena tahajud memiliki arti mujanabatul tahajud ( menjauhi tempat tidur ). Dan semua sholat malam bisa di sebut jika dilakukan setelah bangun tidur atau di waktu banyak orang tidur.

Abu bakar ibnu ‘ arobi mengatakan tentang makna tahajud ada 3 pendapat yaitu:

  • Tidur kemudian sholat lalu tidur lagi Kemudian sholat.
  • Sholat setelah tidur
  • Tahajud adalah sholat setelan sholat isya’

Sedangkan pendapat yang lebih kuat menurut malikiyah adalah pendapat yang ke 2

Nah bagi anda yang di hawtirkan tidak mampu bangun sebelum subuh untuk sholat tahajud di anjurkan untuk sholat sebelum tidur sekalipun tidak di sebut dengan tahajud oleh sebagian ulama’, namun dia tetap terhitung melakukan qiyamul lail yang besar pahalanya.

Saya kira hanya ini yang bisa saya sampaikan semoga dengan adanya tulisan ini kita bisa tambah semangat untuk selalu melaksanakan sholat tahajud dan bisa beristiqomah sampai pada batas waktu yang telah di tentukan oleh dzat yang maha kuasa dan semoga kita selalu di golongkan dengan orang yang bertaqwa amin…

Apabila ada kata yang salah saya minta maaf yang sebesar besarnya dan semoga bermanfaat terimakasih wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

 

 

 

 

 

 

bin yahya dan keturunannya
Cara Melakukan Sholat Tahajjud | andre | 4.5
[close/Tutup]