Sejarah Imam Malik, Madzahibul Arba’ah

Sejarah Imam Malik – Abu abdillah malik bin anas bin malik bin abi amir al ashbahi dengan julukan abu abdillah beliau adalah golongan dari para imam yang ada 4 atau bisa di sebut dengan madzahibul arba’ah dan beliau sering dipanggil dengan sebutan imam malik.

sejarah-imam-malik

Sejarah Imam Malik

Ibnu atsir berkata : imam malik adalah syaichul ilmi (gurunya ilmu )

Ia dilahirkan pada tahun 95 H, dan wafat dimadinah pada tahun 179 H, dan umur beliau 84 th, dan ia adalah orang yang mengarang kitab muwattho’ dalam penyusuanyya menghabiskan waktu 40 tahun. Selama waktu itu ia menunjukkan kitabnya kepada ahli fiqih madinah kitab tersebut menghimpun 100.000 hadis, dan yang meriwayatkan almuwattho’ lebih dari 1000 orang.

Sejumlah ulama’ berpendapat bahwasanya sumber – sumber hadis ada tujuh yaitu alkutub assittah ditambah almuwattho ‘

Ada pula ulama’ yang menetapkan sunan addarimi sebagai ganti almuwattho’

Imam malik menerima hadis dari 900 orang ( guru), 300 dari golongan tabiin dan 600 dari golongan tabiut tabiin.,

Beliau adalah sosok yang tinggi besar bermata biru, berjenggot lebat, rambut dan jenggotnya putih, tidak pernah memakai semir rambut dan beliau menipiskan kumisnya, senang mengenakan pakean bersih tipis dan putih, beliau juga suka memakai sorban.

Di usia yang masih sangat belia beliau telah menghafal alqur’an dan menghafal sunah rasulullah, menghadiri majlis para ulama’ dan berguru kepada salah satu ulama’ besar pada masanya yaitu abdurrahman bin hurmuz.

Kakek dan ayahnya adalah ulama’ hadis terpandang dimadinah, maka semenjak kecil imam malik tidak meninggalkan madinah untuk mencari ilmu, ia merasa bahwasanya madinah adalah kota yang bersumber ilmu yang melimpah dengan kehadiran ulama’ – ulama’ besar dengan kehadiran ulama’ – ulama’ besar.

Karena keluarganya ulama’ ahli hadis maka imam malikpun menekuni pelajaran hadis kepada ayah dan paman – pamannya di samping itu beliau pernah berguru pada ulama’ terkenal lainya.

Saking cintanya pada ilmu hampir seluruh hidupnya di salurkan untuk memperoleh ilmu.

Mengenai tentang guru – guru imam malik

Imam malik berjumpa dengan kalangan tabiin yang telah menimba ilmu dari sahabat rosulullah, dan yang paling menonjol dari mereka adalah nafi’ mantan budak abdullah bin umar, sedangkan guru – guru imam malik selain nafi’ yang telah beliau riwayatkan hadisnya adalah :

  1. Abu az zanad abdullah bin zakwan
  2. Hisyam bin urwah bin azzudar
  3. Yahya bin said alanshori
  4. Abdullah bin dinar
  5. Zaed bin aslam (mantan budak umar)
  6. Muhammad bin muslim bin shihab aazuhri2
  7. Abdullah bin abu bakr bin hazem
  8. Said bin said al maqtury
  9. Sami ( mantan budak abu bakar)

Alhamdulillah ahirnya selesai juga, bagi pembaca maafkan apabila ada kekeliruan dalam tulisan tersebut, dan semoga dengan adanya tulisan ini kita bisa mendapatkan barokah beliau amin amin ya robbal alamin….

 

 

content, biodata madhabul arbaah, biografi madzahibul arbaah
Sejarah Imam Malik, Madzahibul Arba’ah | andre | 4.5