Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Renyah

Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Renyah – Bandung lagi bandung lagi…. hmmmm memang ya,tu kota kaya bener dengan ide – ide kreatifnya, apalagi di bidang kuliner waaaah top banget dah. sekarang ja udah ada camilan yang enak tapi berbahan sederhana hmmmm penasaran banget kan? Camilan apakah itu? ok ok saya akan langsung kasih tau, namanya adalah” Cireng Salju” yupz saya kira gk asing lagi sama nih camilan karena apa? Karena di samping enak gak bosenin, murah lagi iya kan? Emmmmm mau tau gak resep and cara membuatnya? Kalau mau ikutin saya terus yaa…

Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Renyah

Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Renyah

Awalnya saya akan memberika resepnya terlebih dahulu baru cara membuatnya…

Bahan – Bahan Cireng Salju

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung tapioka yang baru kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja. Pisahkan atau sishkan tepung tapiokanya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja nanti buat membentuk adonan cirengnya.
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 1 pcs saja.
  • Santan instan ukuran kecil (kara) kurang lebih sebanyak 1/2 bungkus saja supaya rasanya lebih gurih.
  • Air matang kurang lebih sebanyak 250 cc saja.
  • Bumbu penyedap kaldu ayam kurang lebih sebanyak 1 bungkus saja.
  • Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih kemudian rajang halus.
  • Garam dapur secukupnya sesuai selera kalau diperlukan.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng cireng saljunya.

Bahan Bumbu sambal rujaknya

  • Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs saja.
  • Asam jawa sedikit saja.
  • Gula aren secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Terasi sedikit saja sesuai selera.
  • Air matang kurang lebih sebanyak 50 cc saja

Cara Membuat Cireng Salju Spesial

  • Langkah pertama siapkan satu wadah buat adonan dan masukkan tepung tapioka bersama dengan bawang putih halus, penyedap rasa ayam dan daun bawangnya.
  • Aduk-aduk semua bahan diatas sampai tercampur rata kemudian sisihkan.
  • Siapkan panci dan rebus 250 cc air sampai mendidih.
  • Setelah airnya mendidih, tuang santannya kemudian aduk-aduk kembali sampai mendidih.
  • Tuang air santan diatas ke dalam wadah adonan yang berisi tepung sambil diaduk-aduk supaya tercampur rata. Tes rasa dan tambahkan sedikit saja garam dapur kalau diperlukan.
  • Kemudian aduk-aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai adonan kalis dan sedikit menguap kandungan airnya (tidak terlalu lembek).
  • Lumuri tangan dengan tepung tapioka supaya tidak lengket dan ambil adonan secukupnya kemudian bentuk bulatan sedang. Ulangi sampai adonan habis.
  • Siapkan penggorengan, beri minyak agak panas. Setelah minyaknya panas kecilkan apinya.
  • Masukkan adonan acinya kedalam penggorengan dan masak sampai matang dan mengambang kemudian tiriskan sebentar.
  • Langkah berikutnya kita siapkan sambal bumbu rujaknya.
  • Masukkan air kedalam panci dan masak sampai mendidih.
  • Haluskan dan uleg semua bumbu rujak diatas kemudian masukkan ke dalam panci berisi air mendidih diatas.
  • Aduk-aduk sebentar sampai semua bahan matang dan angkat kemudian pindahkan ke wadah.

Alhamdulillah ahirnya jadi juga Cireng saljunya, gimana nih masih ragu sama resep saya? Hmmmm tau gak sih resep saya nih juga gak kalah enak loh dengan Cireng – Cireng yang di jual di toko – toko besar dan di online, ok saya kira sampai di sini saja ya sampai jumpa and terima kasih.

resep cireng banyur, wadah bungkus cireng murah
Resep Cireng Salju Bumbu Rujak Renyah | andre | 4.5