Beken Di Mata Makhluk Berarti Beken Di Mata Kholiq

Beken Di Mata Makhluk – Ketika kau tengadahkan wajah ku, Langit masih terbanting, Ku tunjukkan pandangan ku, Daratan masih terhampar, Kusapu pandangan ke semua sisi, Tak ada seorangpun di sisi, Robb…Ketika tak ada lagi yang bisa ku sentuh, Ku ingin rahmatmu tetap memelukku, Dan saat semua hancur, Cinta ku padamu tak akan lebur

Beken Di Mata Makhluk

Beken Di Mata Makhluk

Jadi artis di langit atau jadi artis di bumi?

Mungkin tak banyak orang yang memilih hal yang pertama (jadi artis di langit). Ketika kenyataan ini di ajukan, keegoisan menyebabkan seringnya muncul sikap ke-AKU an. Sikap untuk selalu lebih menonjol di banding orang lain. Padahal menjadi terkenal merupakan hal yang harus di hindari oleh seorang salik. Karna seorang ulama’ ahli tasawuf berkata لاشىءاضرعلىالمريدمن الشهرةوانتشارالصيت ” tidak ada bahaya bagi seorang murid dari pada menjadi terkenal dan tersebar nama baiknya ” yang lebih mengkhawatirkan lagi, sebagian ulama’ berkata: “Aku tak mengetahui seseorang yang suka di kenal orang lain, kecuali agamanya telah hilang. naudzubillah, tentu hal ini sangat mengerikan. Perkataan ulama’ tadi memang beralasan, karena di tinjau dari devinisinya, ahli tasawuf adalah orang – orang yang sibuk membersihkan hati dari akhlak – akhlaq tercela dan menghiasinya dengan akhlaq terpuji. Sepintas menjadi beken memang suatu hal yang sangat istimewa.

Beken Di Mata Makhluk1

Suatu kebanggaan tersendiri ketika nama kita di elu – elukan. Dari sini saja sudah menambah satu titik hitam dalam hati yang akan di ikuti oleh titik hitam yang lain. Obsesi menjadi beken mendorong seseorang melakukan hal – hal yang hebat sekiranya orang memujinya. Dan ia menjadi orang yang istimewa. Muncullah sifat riya’ dan sum’ah, karena tujuannya memang agar di ketahui kehebatanya oleh orang lain, maka rasa ikhlas beramal karna allah tidak ada. Padahal ikhlas adalah roh amal, amal tanpa ikhlas layaknya amal tanpa ruh, tidak akan berfaidah.

Ketika kemasyhuran menjadi nyata, seseorang akan lupa bahwa allohlah musabbib dalam semua asbab. Allohlah yang menganugrahkan pada dia sehingga dia menjadi beken di hadapan manusia. Ia pun meremehkan orang – orang yang menurut ia tak bernilai di mata manusia. Karena yang menjadi ukuran adalah beken tidaknya seseorang di mata manusia. Dan belum pasti orang yang di remehkan tadi benar – benar remeh seperti perkiraannya.

Beken Di Mata Makhluk2

Kepopuleran seseorang memang berperan dalam kehidupan sosialnya. Seperti halnya keislaman umat – umat terdahulu banyak di pengaruhi oleh masuk islam dan tidaknya raja mereka. Jika raja mereka masuk islam maka rakyatnyapun tak segan – segan tuk mengikuti langkahnya. Seperti ketika raja Heraklius tidak mengikuti ajakan nabi untuk masuk islam, rakyatnya pun menolak untuk masuk islam. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang populer atau mempunyai pengaruh akan lebih menarik banyak simpati dan perhatian orang lain sehingga menghipnotis orang lain untuk menuruti ucapannya, ataupun mengikuti apa yang ia lakukan.

Beken Di Mata Makhluk Berarti Beken Di Mata Kholiq | andre | 4.5
[close/Tutup]