Tips Saat Laptop Jatuh, Apa yang Harus Dilakukan?

Tips Saat Laptop Jatuh – Saat ini elektronik menjadi bahan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, Elektronik bisa membantu kita dalam berbagai hal, Baik dalam hubungan antar teman maupun relasi kerja yang tak membatasi ruang, jarak dan waktu.

Apabila tiba-tiba leptop Anda jatuh, berikut ini adalah beberpa langkah yang harus Anda lakukan jika tiba-tiba Laptop Anda jatuh ke lantai.

Tips Saat Laptop Jatuh agar tidak rusak, Tips Saat Laptop Jatuh menghindari kerusakan parah, Tips Saat Laptop Jatuh dan kat mengatasinya

 

Tips Saat Laptop Jatuh

  1. Cek kerusakan luar

Cek kerusakan pada badan leptop terutama layar laptop. Jika ada keretakan pada layar, Anda harus lekas menggantinya.

Bila yang mengalami kerusakan bagian seperti port USB, kabel monitor ataupun lainnya. Jika salah satu port USB rusak, hanya ada 2 pilihannya, yaitu (1) mengganti motherboard dan (2) membiarkan port tetap rusak. Sebab, mengganti motherboard membutuhkan biaya yang tidak murah

  1. Cek kondisi power laptop

Apabila leptop pernah terjatuh, dan tiba-tiba saja mati dalam kondisi hidup, kemungkinan besar motherboard-nya mengalami kerusakan.

Jika laptop mengeluarkan suara aneh saat dinyalakan kembali, sebaiknya matikan lagi leptop Anda sejenak, setelah itu hidup kembali laptop Anda. Hal tersebut bisa disebabkan RAMnya rusak. Akan tetapi bila tetap gagal, segeralah bawa laptop Anda ke tempat servis.

  1. Cek layar

Setelah leptop terjatuh, hidupkanlah kembali leptop Anda. Setelah itu, cobalah untuk mengecek layar leptop Anda secara teliti, apakah terjadi kerusakan seperti tedapat bintik hitam atau semacamnya.

Perlu Anda ketahui, keberadaan bintik hitam kecil (death pixel) sekecil apapun dapat berubah menjadi besar. Jika tanda-tanda tersebut muncul, sebaiknya segeralah mengganti layar LCD laptop Anda.

  1. Cek sistem operasi

Jika saat menghidupkan leptop terdaapt suara seperti kipas angin, kemungkinan besar hard disk Anda rusak. Tandalainya yaitu leptop menjadi sering ‘hang’.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa menginstal ulang laptop Anda. Karena menginstal ulang berdampak hilangnya file-file di leptop Anda, sebaiknya Anda memiliki cadangan file-file Anda sebelum hal-hal yang tak diharapakan terjadi pada leptop Anda.

  1. Backup data

Backup data disarankan menggunakan flash disk atau burning data (CD atau DVD). Jika file terlalu besar, Anda dapat menggunakan media penyimpanan awan (cloud).

Backup data berguna saat leptop Anda mati total, atau rusak karena jatuh. Dengan backup data, Anda bisa menyelamatkan file-file penting Anda saat leptop Anda benar-benar tidak bisa terselamatkan.

laptop jatuh, laptop jatuh tidak bisa nyala, akibat laptop jatuh, laptop kebanting, apa yang terjadi jika laptop jatuh, laptop terjatuh, Kerusakan akibat Laptop jatuh, efek laptop jatuh, laptop asus jatuh, laptop jatuh layar hitam
Tips Saat Laptop Jatuh, Apa yang Harus Dilakukan? | andre | 4.5
[close/Tutup]