Cara Memperpanjang SIM Secara Online Dengan Mudah

Memperpanjang SIM Melalui Online-Polri memberikan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan kepada seseoraang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor yang di sebut dengan SIM.
Di Indonesia sendiri sudah banyak menggunakan layanan SIM secara online. Sistem tersebut belum lama ini diperkenalkan di kalangan masyarakat umum. kabar ini membuat gembira masyarakat indonesia, terutama bagi para perantau. dengan fasilitas online ini yang sudah diperkenalkan pada bulan oktober lalu, yang mempermudah bagi para perantau untuk memperpanjang sim mereka.
waktu perpanjangan sim dimulai dari 14 atau dua minggu sebelum masa berlakunya habis, batas akhir ialah tiga bulan setelah masa berlaku habis.

Memperpanjang SIM Secara Online

Memperpanjang SIM Secara Online di indonesia

Tempat-tempat yang terintegrasi secara online ialah :
Polrestabes Surabaya, Bandung, Semarang, Makasar, Medan
Polrestro Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Bekas Kota
Polresta Palembang, Denpasar, Bandar Lampung, Ambon, Jayapura, Tangerang, Depok (Margonda), Depok (Pasar Segar), Ternate, Pontianak, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, Banjarmasin, Mamuju, Kendari, Manado, Palu, Pangkal Pinang, Gorontalo, Balerang, Polres Serang, Kupang, Mataram, Bulungan, Palangkaraya, Tangerang (Tigaraksa), Tangerang Kabupaten, Bekasi, Manokwari, Sleman, dan Satpas SIM Polda Metro Jaya, Mobil Layanan SIM Keliling, dan hanya melayani perpanjangan sim a dan sim c saja.

Berikut fungsi SIM yang diantaranya :
Sebagai sarana identifikasi / jati diri seseorang.
Sebagai alat bukti.
Sebagai sarana upaya paksa.
Sebagai sarana pelayanan masyarakat.
Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM peraturan ini tercantum pada Pasal 18 (1) UU No. 14 Th 1992 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor diwilayah wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

cara mudah Memperpanjang SIM Secara Online

Ada beberapa golongan SIM yaitu:

  • Golongan SIM A: SIM untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.
  • Golongan SIM A Khusus : SIM untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang digunakan untuk angkutan orang / barang (bukan sepeda motor dengan kereta samping)
  • Golongan SIM B1: SIM untuk kendaraan bermotor dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.
  • Golongan SIM B2: SIM untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.
  • Golongan SIM C: SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 Km / Jam
  • Golongan SIM D:  SIM khusus bagi pengemudi yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus.

Masyarakat kali ini masih bingung dengan adanya SIM Online , bukan berarti dengan adanya sistem SIM Online ini, masyarakat bisa memperpanjangnya melalui komputer dari rumah, atau seperti layaknya berbelanja online di internet.

Namun SIM Online yang di perkenalkan kepolisian RI ini ini adalah cara kerja kepolisiannya saja yang Online, untuk pelayanan tetap harus dilakukan di satpas pelayanan SIM. Kelebihannya adalah, masyarakat akan lebih mudah untuk memperpanjang SIM, karena tidak perlu ke tempat pembuatan SIM pertama, karena data dari SIM tersebut sudah di akses oleh seluruh satpas yang di sediakan oleh Polri di seluruh Indonesia.

Memperpanjang SIM Secara Online terbaru

Persyaratan Perpanjang SIM Online adalah:
1. Pemeriksaan Kesehatan
2. Pembayaran
3. Mengisi Formulir Pendaftaran
4. Penyerahan Berkas Pendaftaran, formulir yang telah diisi lengkap, KTP asli yang masih berlaku dan fotokopinya, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter, dan membwa SIM asli yang hendak diperpanjang
5. Pengambilan Foto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan. Setelah menyerahkan seluruh berkas, Anda tinggal menunggu dipanggil untuk foto, pengambilan sidik jari, dan tanda tangan.
6. Pengambilan SIM

Biaya Perpanjangan SIM Online :
SIM A Rp 80.000
SIM C Rp 75.000
Biaya tes Kesehatan Rp 25.000, dan membayar asuransi kecelakaan sebesar Rp 30.000 sifatnya opsional, boleh ikut atau tidak. Besarannya biaya yang dikeluarkan tergantung wilayah masing-masing.

 

perpanjang sim b1 online, perpanjangan sim b1 online, cara perpanjang sim b1 online, memperpanjang sim b2 umum di mobil sim keliling, perpanjangan sim b2 umum online, cara memperpanjang sim b2 umum On line, apakah sim b1 bisa perpanjang online, SIM KELILING BISA PERPANJANG SIM A1 UMUM MEDAN, cara perpanjang sim b2 umum online, cara perpanjangan sim B1 di semarang
Cara Memperpanjang SIM Secara Online Dengan Mudah | andre | 4.5
[close/Tutup]