Wisata Candi Jago, Kejabaiban Candi Di Tumpang

Wisata Candi Jago – Sebuah tempat wisata yang bernuansa sejarah kerajaan Indonesia. Candi Jago ini hubungannya sangat erat dengan Candi Kidal, Candi Singosari, dan situs – situs tempat sejarah yang ada di kota Malang. Candi Jago ini berlokasi di Dusun jago Kecamatan tumpang 22 KM sebelah timur kota Malang dan 2 km dari arah Timur Candi Kidal. Candi tersebut lokasinya sangat strategis dimana tempatnya berdekatan dengan keramaian di tengah-tengah pemukiman penduduk dan bersebelahan dengan pasar tumpang yang berfungsi sebagai penggerak perekonomian masyarakatnya.

Wisata Candi jago, tempat Wisata Candi jago, ulasan Wisata Candi jago, review Wisata Candi jago, kilasan Wisata Candi jago, berita Wisata Candi jago, informasi Wisata Candi jago

Wisata Candi Jago

Arti Candi ini berasal dari kata jajagu yang mempunyai makna keagungan. Candi ini bercorak siwa-budha seperti halnya Candi Singosari. Candi ini didirikan atas perintah Raja Kertanegara pada abad pada abad ke-13 oleh pemerintahan Kerajaan Singosari. Relief pada Candi Jago ini antara lain bersumber dari cerita KrisnaYana, Arjunawiwaha, kunjarakarna, anglingdarmo serta cerita fabel.

Pembangunan Candi Jago berlangsung dari sejak tahun 1268 masehi sampai dengan tahun 1280 masehi, sebagai salah satu cara penghormatan bagi Raja Singosari ke-4, yaitu Raja Sri Jaya Wisnuwardhana. Diduga bahwa Candi Jago ini juga telah mengalami pemugaran pada tahun 1343 masehi atas perintah dari Raja Adityawarman dari kerajaan Melayu yang masih memiliki hubungan darah dengan Raja Hayam Wuruk.

Candi Jago tersebut dipenuhi dengan panel-panel relief indah yang terpahat secara rapi mulai dari kaki hingga sampai ke dinding ruangan paling teratas. Relief tersebut mempunyai makna pelepasan kepergian bagi seseorang.  Pembangunan Candi Jago ini sangat berkaitan erat dengan kejadian atau peristiwa wafatnya Raja Sri Jaya Wisnuwardhana. Ajaran Buddha tercermin didalam relief cerita Tantri Kamandaka dan cerita dari Kunjarakarna yang terpahat pada bagian teras paling bawah pada dinding Candi. Sedangkan Pada dinding teras kedua terpahat seri lanjutan cerita dari Kunjarakarna dan petikan kisah dari cerita Mahabarata yang memuat tentang ajaran agama Hindu, yaitu Parthayajna dan Arjuna Wiwaha.

Wisata Candi Jago

Pada bagian teras yang ketiga dipenuhi dengan relief dari lanjutan cerita Arjunawiwaha. Dinding bagian tubuh candi tersebut juga ternyata dipenuhi dengan pahatan relief cerita Hindu, yaitu yang berisi tentang peperangan  Raja Krisna dengan Raja Kalayawana.

Nah itulah tadi sekilas tentang informasi dari candi Jago yang berhasil kami himpun untuk Anda semua, jika Anda tertarik ingin lebih mengetahui serta mendalami mengenai Candi jago tersebut maka silahkan lansung untuk berkunjung ke Kota Tumpang, Jawa Timur. Terimakasih sudah membaca review yang kami sampaiakan ini dan sampai jumpa lagi pada pertemuan selanjutnya.

Wisata Candi Jago, Kejabaiban Candi Di Tumpang | andre | 4.5